Minggu, 11 September 2011

Dahsyatnya Membaca!

Dari sekian banyak ide yang nempel di benak, akhirnya ketemu juga judul yang menurut Saya sangat penting dan mempunyai nilai Fundamental bagi setiap orang untuk memberikan manfaat bagi dirinya yang utama, masyarakat, bangsa, dan agama pastinya. Judul tersebut ialah "Dahsyatnya Membaca!" dan Saya lebih fokun mengenai kebiasaan membaca ketika usia dini.
Baca: Pribadi, Lingkungan, dan Alam Raya
Setelah beberapa menit (malah hampir berjam-jam ko :-D) mencari referensi dan tambahan kreativitas, akhirnya Saya menemukan info, lebih tepatnya fakta yang mengejutkan tentang SDM (Sumber Daya Masyarakat) negara kita ini. Kutipannya ialah sebagai berikut "Di sini ada korelasi positif antara membaca dan penguasaan ilmu pengetahuan. Semakin banyak masyarakat yang membaca, semakin maju bangsa tersebut. Di negara-negara maju, membaca merupakan suatu aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya. Mereka meluangkan waktu untuk membaca sekitar delapan jam setiap hari sedangkan masyarakat Bangsa Indonesia hanya dua jam setiap hari untuk membaca (UNESCO, 2005)."
http://www.pemustaka.com/dengan-minat-baca-menjadikan-jantungnya-sehat-wawasan-luas.html

Mungkin sebagian kita bertanya-tanya, Segimana pentingkah kegiatan membaca yang NB sangat menjenuhkan (biasanya terasa jenuh, mengantuk, malas mungkin) bagi kepribadian kita? Eits,,,,,,Saya juga merasakan seperti itu ko tapi dulu! Sekarang paradigma tersebut sudah Saya format dan diset ulang. Kita mulai kedahsyatan manfaat membaca yang di releas oleh Itaminsyah mengenai "Manfaat dari mengembangkan kemampuan membaca sejak dini" adalah sebagai berikut: 1) Membantu mereka mempersiapkan diri. 2) Menawarkan bantuan. 3) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis. 4) Tunjukkan pada anak-anak gerbang menuju informasi dunia. Sumber: Sheknows by Molly Cerreta Smith.
Sumber: http://www.medicalera.com/info_answer.php?thread=13868

Pada situs lain yang Saya baca menyebutkan “Dengan mendongeng anak-anak terlatih otaknya untuk berpikir. Selanjutnya, mereka akan terlatih untuk membaca dan menulis dan akhirnya terbiasa untuk belajar,”  begitulah penuturan Hasan Basri, Kadis Pendidikan Kota Medan.
http://waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11526:membaca-dongeng-bermanfaat-bagi-anak-usia-dini&catid=51:medan&Itemid=206

Kemudia info yang Saya baca juga di dalam artikel www.remajaislam.com 1) Membaca merupakan proses mental secara aktif. 2) Membaca akan meningkatkan kosakata Anda. 3) Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus. 4) Membangun kepercayaan diri. 5) Meningkatkan memori. 6) Meningkatkan kedisplinan. 7) Meningkatkan kretivitas. 8) Mengurangi kebosan.
Sumber: http://rachdie.blogdetik.com/2011/02/05/8-manfaat-membaca 

Bagi yang senang membaca terutama sahabat seiman pasti sudah membaca salah satu buku best seller dari salah seorang Doktor dari Arab Saudi yang bernama Dr. Aidh Al Qarni dalam bukunya ”Laa Tahzan (Jangan bersedih)”, beliau mengungkapkan ada 10 manfaat membaca. Jika diantara kalian ingin menguak apa saja manfaat tersebut, silahkan baca bukunya (paling ngga bisa pinjem ke siapa ja yang punya toh ;-)).

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-‘Alaq: 1-5).

Hal yang Saya tekankan ialah mengacu pada paragraf diatas terakhir, yang mana menjadi acuan dan tolak ukur agar kita senantiasa dalam ridho dan hidayah-Nya serta menjadi pribadi yang berkualitas baik secara jiwa dan raga. Adapun manfaat yang Saya rasakan sendiri dalam membaca ialah lebih PD (percaya diri) ketika berinteraksi atau berkomunikasi dengan siapa saja dan ikut berinteraktif pada saat membahas sesuatu (bahasa gaulnya ga kuper gituh).

Kedahsyatan tersebut akan dirasakan manakala setiap pribadi dengan sadar dan menjadikannya kebutuhan dalam membiasakan diri untuk terus membaca baik dengan media buku, alam, dan mengenali lingkungan kita sehari-hari. Semoga hari ini lebih baik dari pada hari kemarin dan tulisan ini menjadi manfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar